Jumat, 15 April 2011

Makam di Setu Jatijajar , Tapos bukan Ki Buyut Mangun Tapa, tetapi makam Rd Panji Wanayasa.by hasnan habib kota Depok


Ki Buyut Manguntapa


Ingin tahu di mana makam penemu ajian ampuh Jarang Goyang? Ajian pamungkas untuk pengasihan dan mengikat jantung asmara lawan jenis itu konon kali pertama ditemukan oleh Ki Buyut Mangun Tapa. Sosok sakti mandraguna itu dipercayai sumarih di Desa Mangun Jaya, Blok Karang Jaya, Indramayu, Jabar.
Tidak ayal jika makam tua yang berada di daerah pelosok Kabupaten Indramayu itu saban hari tidak pernah sepi kunjungan peziarah. Ada saja orang yang datang berbondong-bondong ke makam bertuah itu untuk menyampaikan permohonan agar terkabul melalui bantuan penunggu makam keramat tersebut.
Oleh warga setempat makam tua yang dikelilingi pohon besar itu dipercaya sebagai makam Ki Buyut Mangun Tapa, orang sakti yang pertama kali menciptakan ajian Jaran Goyang. Tidak salah jika makam Ki Buyut dikenal sangat keramat dan bertuah. Hal itu dibuktikan dengan sering kali terjadi persitiwa aneh sekitar makam Ki Buyut.
Seperti kejadian aneh yang sering muncul berwujud harimau siluman disertai suara auaman. Sering kali binatang ganas dipercayai sebagai piaraan Ki Buyut itu muncul pada tengah malam. Itu pun pada hari-hari tertentu yang dikeramatkan warga setempat, seperti pada malam Jumat dan Kliwon dan Selasa Legi. Namun, sejauh itu kemunculannya tidak pernah mengusik ketenangan warga.
Dianggap sebagai kejadian yang wajar, karena sosok yang sumarih di dalam makam dikenal sebagai orang yang mengerti dan melindungi warga Desa Mangun Jaya. Masyarat setempat percaya jika Ki Buyut Mangun Tapa, semasa hidupnya, adalah orang yang sakti mandraguna. Dia pelopor keberadaan desa tersebut sekaligus sebagai pelindung warga setiap ada orang yang mengusik ketentraman desa.
Berkat kesaktian itulah tokoh asal Cirebon, Jawa Barat ini berhasil mencipatakan ajian Jaran Goyang yang keampuhannya sampai saat ini masih diakui oleh paranormal. Makam ini, oleh masyarakat setempat dianggap tempat keramat. Karena itu, tidak sekedar didatangi peziarah yang ngalab berkah namun tiap malam keramat sering dijadikan tempat oleh paranormal untuk menggembleng ilmunya dengan menggelar ritual dan tirakatan di sekitar makam. Selain itu, menurut kepercayaan warga setempat, keberadaan makam telah memberi berkah bagi kemakmuran.
Karena itu, setiap tahun, tepatnya menjelang acara cocok tanam warga setempat selalu mengadakan ritual Sedekah Bumi. Melalui ritual tersebut mereka berharap agar tanaman mereka dapat memberikan hasil yang maksimal. Namun, setiap kali digelar ritual tidak diperbolehkan ada pesta meriah seperti mengadakan pagelaran wayang kulit.
Pasalnya, kejadian aneh pernah terjadi beberapa tahun silam, ketika ritual sedang dilaksanakan dengan menggelar wayang kulit. Keanehan terjadi di tempat itu tiba-tiba hujan turun sangat deras. Padahal, di sekitar petilasan cuaca terang benderang. Sejak itu warga tidak berani lagi meramaikan ritual dengan pagelaran apapun.
Keanehan lainnya, seperti dituturkan oleh beberapa pelaku spiritual, munculnya harimau siluman yang sepertinya akan menelan hidup-hidup para petapa. Konon, munculnya siluman mengerikan itu merupakan salah satu ujian yang harus dihadapi para pencari berkah di tempat ini.
Sementara ujian lain yang biasa dihadapi para pertapa adalah, retaknya tanah yang mereka jadikan tempat semedi. Tanah yang menganga itu seperti akan mengubur hidup-hidup orang yang ada di atasnya. Padahal, kejadian gaib tersebut tidak akan mencelakainya. Kalau berhasil mengatasi situasi mengerikan itu seorang pertapa dianggap lulus menjalani lakunya.by hasnan habib kota depok

3 komentar:

  1. Kadang saya aneh sama orang-orang banyak pake ajian sakti mandra guna, aku ora ngerti itu, yang aku tahu aku pake ajian HIJI BAE = satu saja ilmu sakti Allah yang yang tak ada pilih tandingnya, nih ajiannya, jika aku lapar langsung aku makan, jika ku haus segera minum, jika aku ngatuk langsung saja aku tidur, sangat sakti diberikan Allah tanpa perantara, tiap hari kalau aku mau aku langsung bertemu para wali sembilan, apa itu semua pekerjaan wali yang utama cinta Allah. karena adalah pemberi sumber kesaktian yang tak pernah terkalahkan oleh siapapun, aneh nggak tuh, ada yang lebih sakti lagi aku diberikan alis dipelipisku tak pernah panjang, kuku dijariku jika aku tidak potong panjang sendiri tanpa akar ditanganku, hebatkan siapakah yang mampu mengalahkan penciptaku, maka bergurulah pada Rabbku Allah pencipta alam semesta ini. KI BUYUT MANGUNTAPA pun sama berguru dengan yang tak kelihatan, hingga diizinkan Allah memeliki kemampuan, bertapalah dihatimu, pasti kau akan sakti mandara guna, karena kau dapat mengalahkan nafsumu sendiri, sampai yang paling sakti memanggilmu Hai hamba-ham KU yang berjiwa tenag kembalilah kepada KU dalam keridhoan-KU masuk dalam syurgaku, hebatkan

    BalasHapus
  2. itu bukan foto ki buyut mangun tapa...

    BalasHapus
  3. Mohon izin, mau minta urutan Silsilah dari Eyang Mangun Tapa sejak awal hingga sekarang.
    Terimakasih

    BalasHapus