Selasa, 29 Januari 2013

Legenda Pangeran Pengampun, Sosok Misterius dunia persilatan Nusantara


Bagi para guru sepuh ilmu silat, nama Pangeran Pengampun bukanlah nama yang asing. Tetapi pada saat sekarang mungkin hanya beberapa perguruan ssaja yang masih mengenalkan sosok legendaris Pangeran Pengampun. Konon ilmu silat sudah dikenal jauh sebelum agama Hindu dan Buddha masuk ke nusantara. Dimana dibuktikan bahwa di Nusantara ini (sebut saja Pulau Jawa), sudah memiliki peradaban yang sangat tinggi. Banyak fosil manusia tertua didunia ditemukan di daratan pulau Jawa, seperti dimulai dari pithecantrphus eretus sampai ke Mojokerto soloensis.
Konon di pulau Jawa dalam legenda pernah ada suatu negara atau kerjaan yang sudah menganut faham monotheos. Yang diapit oleh dua Samodra yakni Samudra Hindia dan samudra Pasicik. Negera tersebut disebut negara Hartharanus. Dimana Prabu Heru Cakra sebagai rajanya. Pada masa ini bahasa resmi kerajaan bernama bahasa Ingsun Sabda yang biasa disebut dengan akronim Sun-Da. Dipercaya bahwa bahasa Sun-Da adalah bahasa kerajaan yang dipakai saat itu. Pulau Jawa adalah merupakan daerah kapital dari kerajaan Hartharanus. Layaknya sebuah bahasa, maka setiap bahasa memeiliki charakter sebagai sarana untuk berkomunikasi tulis. Dalam kenyataanya aksara Sun-Da hingga saat ini masih ada dan dimiliki oleh mereka yang berusaha untuk melestarikan agar tidak punah. Meski mereka sudah tidak bisa membacanya lagi.
Pangeran Penganpun adalah satu diantara kerabat prabu Heru Cakra yang namanya tetap hidup sampai saat sekarang. Dimana ilmu yang digelar oleh Pangeran Pengampun adalah ilmu pengharkatan energi yang berbasis pada hubungan urat syarat yang berhubungan dengan setiap ruas tulang manusia. Khususnya Ruas tulang belakang dari mulai tulang ekor sampai dengan tulang tengkorak. Ilmu tersebut dikenal dengan istilah Gelang Naga (Gelang tenaga). Konon dinasti Shambala dari Tibet mempelajari ilmu ini melalui pertukaran budaya pada masa kejayaan Sriwijaya. Yang kemudian dikenal dengan ilmu Kala Cakra..
Jelasnya bahwa keilmuan Gelang Naga (gelang tenaga) yang membangkitkan (harkatan /herkaton) energi melalui ring-ring dari disetiap ruas tulang manusia. Dimana setiap disetiap ring ruas tulang terhubung dengan urat syaraf yang berhubungan dengan organ organ vital manusia. Yang dalam pengertianya jika energi ini mengalami hambatan, maka ada bagian spesifik tubuh yang tidak teraliri oleh energi yang dirasakan sebagai rasa sakit di organ tersebut yang terasa tidak nyaman.
Masuknya agama Hindhu dan Buddha ke Jawa, menyebabkan keilmuan yang berasal dari Pangeran Pengampun semakin maju bahkan beredar keluar pulau Jawa. Namun lafads Pengampun sangat sulit diucapkan bagi orang diluar Jawa. Sehingga pemujaan terhadapa Pangeran Pengampun hanyalah terdengar seperti gumanan / lafads yang berbunyi Houm houm houm). Demikian pula setelah Nusantara dimasuki agama Islam pemujaan terhadap Pangeran Pengampun disebut sebagai Waliullah wakil Kesatu. Dari sekian banyak ilmu hikmah yang diajarkan oleh para Wali banyak menyebutkan Pangeran Pengampun Waliullah wakil kesatu
Sehingga secara jelas bahwa legenda Pangeran Pengampun tetap hidup dimulai dari zaman Pra Hindu Budha sampai saat sekarang. Sosok Pangeran Pengampun adalah tokoh yang tidak masuk dalam catatan sejarah dan namanya hidup dimasyarakat maka beliau menjadi tokoh legenda. Akan tetapi bagi mereka yang mempelajari ilmu-ilmu hikmah akan menemui sebutan Pangeran Pengampun waliullah wakil kesatu didalam mantra2 tertentu.
Di tatar Sunda (parahiangan), dipercaya bahwa Pangeran Pengampun pernah hidup di Bantar Kawung Cianjur Jawa barat. Sedangkan di Jawa Tengah Pangeran Pengampun dipercaya pernah hidup di masa kerajaan Hartharnus. Dan dihormati namanya oleh para Wali dengan sebutan Waliullah wakil Kesatu yang artinya Wakil yang berkaromah yang berkedudukan diatas para wali.
Kesimpulan sementara: Pertama. Bahwa di pulau Jawa ada bahasa kesatuan yang disebut Bahasa Sun-da (bahasa Ingsun Sabda). Kedua. Keilmuan tentang energi berkaitan dengan energi yang memancar / merambat dari settiap ruas tulang manusia khususnya ruas ruas tulang punggung. mengalir melalui urat syarat menuju organ organ tubuh yang vital. Ketga: banyak versi tentang legenda Pangeran Pengampun yang beredar di masyarakat. Keempat. Negara Hartharanus jika dibaca dari belakang menjadi Nusantara. Kelima. Dalam spelling orang Barat kata Hartharnus menjadi Atlantis. Yang dipercaya oleh orang Barat sebagai benua yang hilang dan benua yang memiliki peradaban sangat tinggi.

27 komentar:

  1. pangeran pangampun itu.waliyulloh cikunul bukan?

    BalasHapus
  2. MHBUB CELL ... SAYA juga gitu kata nya cikundul tapi kata sepuh cianjur bukan cikundul ll saya lagi cari2 makam nya susah kat nya di daerah naringgul cianjur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di daerah kraton kuta raksa sunan kalijaga

      Hapus
    2. Mkannya pangeran pangampun di deket the jon..daerah tangkil...

      Hapus
    3. Daerah Tangkil ko.sungaren juru kunci yh Abah solihin..ni no wa syh 0895385136301

      Hapus
    4. Tiasa disebat kuta. Salim kang

      Hapus
  3. Maaf mas .. jdi sebenrnya makam nya tuh ada dimna ... tolong kasih tau ...

    BalasHapus
  4. Maaf mas .. jdi sebenrnya makam nya tuh ada dimna ... tolong kasih tau ...

    BalasHapus
  5. Sanes wargi.. eyang pengampun saterang abdi gaduh jukukan wakil ke satu wali alloh. Mantena aya sateu acan eyang dalem cikundul malah sateu acan eta tos aya.. makom na aya di pasisian cianjur kota kirang lebih 12km ti pusat cuanjur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah.. PMI t lepat t sakola SD sunggareun..cket..
      Jalan na tiasa lewat the Zon

      Hapus
    2. Di palih mana maokom na oangeran pabgampun teh ,aya na ? Cobi paparin alamat na.

      Hapus
    3. Kp.sungaren Nami juru kunci Abah solihin..0895385136301 iye no wa syh

      Hapus
  6. Sanes wargi.. eyang pengampun saterang abdi gaduh jukukan wakil ke satu wali alloh. Mantena aya sateu acan eyang dalem cikundul malah sateu acan eta tos aya.. makom na aya di pasisian cianjur kota kirang lebih 12km ti pusat cuanjur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di cianjur mah mmakam julukan nana raden arya rebutani

      Hapus
  7. di smg ada makam syech pengampun...
    ada yg tau sejarahnya gak...

    BalasHapus
  8. depan pertamina pengapon...komplek bangunan tua

    BalasHapus
  9. Punten kasadayana,, Ari pangeran pangampun Cianjur th bnr teu awliya Allah nya?? Soalnya namanya selalu di sebut di dalam pengamal ilmu hikmah.

    BalasHapus
  10. Eta aya hinduan mksud na kumha jdi islam sanes

    BalasHapus
  11. Makom eyang Gak pengambun cianjur d kp kuta bisa lewat thejon masuk ny tp gx bisa Sembarang masuk ke makom eyang pengambun ny. Paling d suruh tawasul d makom syeh jabar d bawah makom eyang pemgambun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kang syech jabbar ini apakah sama dengan syech abdul jabbar yg saya pelajari ya

      Hapus
  12. Makom eyang Gak pengambun cianjur d kp kuta bisa lewat thejon masuk ny tp gx bisa Sembarang masuk ke makom eyang pengambun ny. Paling d suruh tawasul d makom syeh jabar d bawah makom eyang pemgambun.

    BalasHapus
  13. Aku pengagum wKil ksatu pangeran pengampun ,,dari duli ak carj mkmnya sampe skr gk ktmu bisa aku hadiah pateha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini telepon aja langsung Kuncennya nama anaknya Dede pak kuncenya Abah sholihin

      Hapus
  14. Bisa juga hub Mang boca anak biahnya Abah kuncen P pengampun no hp +6287877392184 wa juga

    BalasHapus